Kamis, 12 April 2012

Antonio Adan

Nama Lengkap: Antonio Adan Garrido
Lahir: Madrid (Spanyol), 13 Mei 1987
Tinggi/Berat: 190 cm/92 kg
No Kostum: 13
Posisi: Kiper
Karier Klub: Real Madrid (2009-…)
Real Madrid tak perlu mengkhawatirkan suksesor Iker Casillas bila sang pemain pensiun. Pasalnya, mereka punya kiper belia nan potensial, yakni Antonio Adan.
Jalur karier Adan tak jauh berbeda dengan seniornya, Casillas. Keduanya sama-sama jebolan akademi sepakbola Real Madrid. Mereka juga jadi andalan timnas Spanyol dari U-15 hingga U-21. Maklum, Adan juga menjadikan Casillas sebagai patron dalam karirnya.
Foto: Getty Images
Adan bermain untuk tim junior Real Madrid pada 1997 hingga 2004. Ia dipromosikan ke Real Madrid C pada musim 2004/2005 dan langsung menjadi kiper utama pada musim berikutnya. Adan bermain dalam 36 laga dan hanya kebobolan 29 gol.
Laiknya Casillas yang menjabat kapten di Real Madrid dan timnas Spanyol, Adan juga punya bakat kepemimpinan. Ban kapten timnas U-19 Spanyol melekat pada tangan sang pemain pada 2006. Adan pun berhasil memimpin rekan-rekannya menjuarai Piala Eropa pada tahun yang sama.
Debutnya bersama tim senior terjadi pada partai Liga Champions kontra Auxerre (812/10). Ia masuk menggantikan Jerzy Dudek yang cedera. Kala itu, Adan berhasil menjaga keperawanan gawangnya. Madrid pun menang 4-0.
Tak heran, Jose Mourinho telah memercayakan posisi kiper kedua pada sang pemain sejak musim ini. Keputusan ini juga diyakini untuk mempersiapkan sang pemain untuk menggantikan sang mentor saat waktunya tiba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar