Kamis, 12 April 2012

Iker Casillas


Nama Lengkap: Iker Casillas Fernandez
Lahir: Madrid (Spanyol), 20 Mei 1981
Tinggi/Berat: 182 cm/78 kg
No Kostum: 1
Posisi: Kiper
Karier Klub: Real Madrid (1998-…)
Tak ada yang meragukan kualitas serta kepiawaiannya mengawal jala Real Madrid dan Spanyol. Iker Casillas Fernández, penjaga gawang kelahiran 20 Mei 1981 ini, mengawali karirnya sebagai pemain junior akademi sepakbola Real Madrid di usia 9 tahun.
Iker Casillas (Foto: Action Images)
Barulah di usianya yang ke-18, pemain yang akrab disapa Casillas ini diberi kepercayaan untuk melakoni partai perdananya bersama tim senior El Real di partai melawan Athletic Bilbao yang berkesudahan dengan skor 2-2. Di tim nasional sendiri, Casillas mengemban ‘tugas kenegaraannya’ mulai dari timnas Spanyol U-15 dan hingga saat ini Casillas sudah mengemas 125 caps bersama timnas senior Spanyol.
Dibanding dengan kebanyakan penjaga gawang pada umumnya, postur Casillas memang terbilang pendek. Dengan tinggi haya 182 cm, bukan jadi penghalang bagi Casillas untuk menunjukkan kualitasnya sebagai kiper kenamaan Spanyol. Casillas menutupi kekurangannya dari segi postur dengan kecepatan, ketangkasan serta refleks yang sangat baik. Tak heran bila hingga kini Real Madrid masih mempercayakan Casillas di bawah mistar gawang.
Melihat kemampuan Casillas yang luar biasa serta loyalitasnya pada tim El Real, Jose Mourinho pun menjadikan dirinya sebagai kapten utama tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini menggeser Raul Gonzales. Casillas juga memimpin tim nasional Spanyol memenangi ajang Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 silam.
Gelar demi gelar pun dirihnya, baik bersama klub, negara hingga penghargaan pribadi. Bisa dibilang Casillas hampir pernah mengecap semua gelar juara. Mulai dari juara La Liga, Piala Spanyol dan Liga Champions bersama Real Madrid. Serta gelar juara Piala Eropa dan juara Piala Dunia bersama timnas Spanyol. Selain mengantar Spanyol menjadi juara di Piala Dunia 2010, Casillas juga dianugerahi FIFA World Cup Golden Glove. Di usianya yang menginjak kepala tiga, ia masih dipercaya pelatih untuk mengawal jala Real Madrid dan tim nasional Spayol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar